cara mudah pasang lampu tambahan led worklight/led offroad pada motor, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

cara mudah pasang lampu tambahan led worklight/led offroad pada motor, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) - Hallo sobat blogger yang berbahagia Otomotif, Posting yang saya unggah pada kali ini berisi tentang otomotif, dengan judul cara mudah pasang lampu tambahan led worklight/led offroad pada motor, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : cara mudah pasang lampu tambahan led worklight/led offroad pada motor, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
link : cara mudah pasang lampu tambahan led worklight/led offroad pada motor, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Baca juga


cara mudah pasang lampu tambahan led worklight/led offroad pada motor, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

cara mudah pasang lampu tambahan led worklight/led offroad pada motor

penggunaan lampu tambahan pada motor bagi sebagian biker adalah hal yang perlu dilakukan terlebih bagi yang suka jalan malam, secara lampu standar bawaan motor kadang tidak terlalu terang, contoh saja bagi biker yang melintas jalan pantura di malam hari, pasti paham bagaimana kondisi pencahayaan pantura yang minim, untuk teman-teman yang hobi turing juga biasanya pada pasang lampu tambahan untuk digunakan saat hujan, kabut atau malam hari.

ada banyak lampu tambahan yang bisa digunakan, tapi saat ini yang banyak digunakan adalah lampu led yang hemat daya, ada led luxeon, led cree atau led worklight/led offroad yang terang dan sedang ngetren di kalangan bikers Indonesia.

image

kebetulan saya punya sebuah lampu tambahan led cree yang sebenarnya saya lupa kalau punya, karena beli sudah lama tapi belum sempat pasang karena kesibukan, saya juga lupa ini led cree 9 watt atau 12 watt hehe
untuk memasang lampu led tambahan begini setahu saya ada 2 cara yang cukup mudah, cara pertama yang praktis adalah langsung menyambungkan kabel positif lampu led ke + aki dan kabel massa led ke massa bodi, untuk on off tinggal kasih saklar di kabel massa biar aman, tapi kelemahannya lampu tambahan bisa dihidupkan tanpa motor dalam kondisi kontak on, karena sumber listrik langsung ke aki.
saya menggunakan cara kedua, yaitu menggunakan bantuan relay, dengan tujuan lampu led tambahan hanya bisa aktif saat kontak dalam posisi On, arus listrik ke led cree juga stabil karena langsung ke aki dan tidak merusak kabel bodi standar motor serta agar saklar tambahan yang saya gunakan nantinya tidak terbebani banyak arus.
sebelum mulai jangan lupa ubo rampe disiapkan dahulu seperti kabel, skun, isolasi listrik, saklar on/off tambahan dan relay, cara merangkainya cukup mudah kok.
1. sambungkan kabel dari positif aki ke kaki relay no. 30
2. sambungkan kabel positif led cree ke kaki relay no. 87
3. sambungkan kabel dari kaki relay no. 86 ke kabel kunci kontak, untuk ini saya mengambil arus dari kabel lampu kota, untuk motor Honda, kabel-nya berwarna coklat, dengan skenario ini arus listrik ke led cree hanya bisa aktif saat kontak on dan saklar lampu senja on.
4. sambungkan kabel dari kaki relay no. 85 ke ground/massa,  di motor saya kabel massa ini saya pasangi sebuah saklar tambahan untuk menghidupkan/mematikan led cree.

image
bagaimana mudah to pasang lampu tambahan led cree sendiri? ga perlu kebengkel, bisa sedikit berhemat dan menambah pengetahuan. selamat mencoba..


Demikianlah Artikel cara mudah pasang lampu tambahan led worklight/led offroad pada motor, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Sekianlah artikel cara mudah pasang lampu tambahan led worklight/led offroad pada motor, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel cara mudah pasang lampu tambahan led worklight/led offroad pada motor, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) dengan alamat link http://m-oto-mu.blogspot.com/2016/07/cara-mudah-pasang-lampu-tambahan-led.html

0 Response to "cara mudah pasang lampu tambahan led worklight/led offroad pada motor, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) "

Post a Comment