Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri, [m-oto-mu] Majalah Otomotifmu

Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri, [m-oto-mu] Majalah Otomotifmu - Hallo sobat blogger yang berbahagia Otomotif, Posting yang saya unggah pada kali ini berisi tentang otomotif, dengan judul Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri, [m-oto-mu] Majalah Otomotifmu , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kopling, Artikel Sepeda Motor, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri, [m-oto-mu] Majalah Otomotifmu
link : Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri, [m-oto-mu] Majalah Otomotifmu

Baca juga


Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri, [m-oto-mu] Majalah Otomotifmu

Kopling merupakan sebuah komponen yang ada di kendaraan dan berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi. Salah satu komponen pada kopling adalah kampas kopling. Karena komponen yang satu ini selalu bergesekan maka seiring berjalanya waktu akan aus. Keausan pada kampas kopling berdampak pada hilangnya tenaga atau lost power. Hal ini dikarenakan putaran dari mesin tidak sepenuhnya diteruskan ke transmisi karena selip akibat keausan pada kampas kopling tersebut. Nah salah satu ciri bahwa kampas kopling telah aus adalah tarikan mesin terasa �nggembos� pada putaran tinggi. Jika kampas kopling motor anda sudah tipis maka segeralah diganti. Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat atau bisa menggantinya sendiri dengan cara berikut
Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri
Kampas Kopling Motor

Mengganti kampas kopling motor sebenarnya cukup mudah. Pertama keluarkan dulu oli dengan cara membuka baut tap. Setelah oli terkuras habis lepaskan bak kopling dengan menggunakan kunci T (biasanya T-10). Namun sebelumnya lepaskan terlebih dahulu kick stareter dengan melepas baut penguncinya. Setelah bak kopling terlepas maka akan terlihat dua lingkaran yaitu kopling utama dan kopling ganda (kopling sentrifugal) (pada motor bebek). Untuk melepas perangkat pemindah daya ini cukup dengan melepas baut pengikatnya yang biasanya berjumlah 4 atau 6 buah. Setelah baut tersebut terlepas maka rangkaian yang terdiri dari pegas atau per, mangkuk penekan, plat penekan beserta kampas koplingnya sudah terurai. 

Namun yang harus diperhatikan adalah cara melepas baut pengikat tersebut. Karena baut ini tertekan oleh pegas maka jika tidak dilakukan dengan benar, besar kemungkinan baut akan dol. Bahkan bisa saja baut akan patah. Caranya sebenarnya cukup simple yakni dengan mengendurkan baut-baut ini secara merata artinya tidak dilepas satu persatu. Kendurkan satu baut dulu (sedikit saja) kemudian kendurkan baut berikutnya secara menyilang. Dengan demikian kekuatan pegas yang menekan baut baut tersebut tidak berat sebelah. Nah setelah semua baut terlepas perhatikan konstruksinya agar dalam pemasangan nanti tidak kesulitan. Kemudian tinggal mengganti kampas kopling dengan kampas kopling baru.


Demikianlah Artikel Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri, [m-oto-mu] Majalah Otomotifmu

Sekianlah artikel Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri, [m-oto-mu] Majalah Otomotifmu kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri, [m-oto-mu] Majalah Otomotifmu dengan alamat link https://m-oto-mu.blogspot.com/2014/04/yuk-ganti-kampas-kopling-motor-sendiri.html

0 Response to "Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri, [m-oto-mu] Majalah Otomotifmu "

Post a Comment