Judul : Belajar Otomotif Belajar Otomotif PENGERTIAN SISTEM TRANSMISI OTOMATIS, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id
link : Belajar Otomotif Belajar Otomotif PENGERTIAN SISTEM TRANSMISI OTOMATIS, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id
Belajar Otomotif Belajar Otomotif PENGERTIAN SISTEM TRANSMISI OTOMATIS, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id
TRANSMISI OTOMATIS
- JENIS-JENIS TRANSMISI OTOMATIS
- KEUNTUNGAN TRANSMISI OTOMATIS
- KOMPONEN_KOMPONEN UTAMA TRANSMISI OTOMATIS
- POSISI-POSISI pada TRANSMISI OTOMOATIS
Dalam transmisi otomatis, minyak transmisi tidak saja melumasi dan berperan sebagai pendingin namun juga bekerja untuk mcmindahkan gigi secara otomatis dan sebagai fluida kopling otomatis. Oleh karena itu, jumlah minyak transmisi harus cukup guna menjalankan fungsinya dengan baik. Selain itu, karena minyak transmisi otomatis akan memburuk jika jarak tempuh kendaraan bertambah maka penggantian secara perodik sangat diperlukan.
1. Jenis-jenis Transmisi otomatis
a. Full hydraulicWaktu perpindahan gigi dan waktu lock up diatur sepenuhnya secara hidraulis.
b. Powertrain control module (PCM)
Waktu perpindahan gigi dan waktu lock up diatur secara elektronik. Type ini menggunakan data (shift and lock pattern) yang tersimpan dalam PCM sebagai kontrolnya, juga terdapat fungsi diagnosa dan fail-safe.
Selain itu transmisi otomatis juga dibedakan atas:
a. Automatic transaxle, digunakan untuk kendaraan FE (Front-engine, Frontwheel-drive).
b. Automatic transmission, digunakan untuk kendaraan FR (Front-engine, Rear-wheel drive
2. Keuntungan Transmisi Otomatis
Transmisi otomatis Jenis Full Hydraulic
Dibandingkan dengan transmisi manual, transmisi otomatis jenis hidrolik mempunyai beberapa keuntungan sebagal berikut:- Mengurangi kelelahan pengemudi karena tidak ada pengoperasian pedal kopling dan pemindahan gigi.
- Perpindahan gigi terjadi secara otomafis dan lembut.
- Mengurangi beban mesin karena mesin dan pemindah daya dihubungkan melalui fluida secara hidraulls (torque converter).
Transmisi otomatis Jenis PCM
Dibandingkan dengan transmisi otomatis full hydraulic, PCM mempunyaibeberapa keuntungan sebagai berikut:
- Pengemudi dapat memilih mode penggendaraan.
- Getaran perpindahan gigi lebih kecil
- Pemakaian bahan bakar lebih irit
- Mempunyai fungsi diagnosa dan memori
- Mempunyai fungsi fail safe
3. Komponen -Komponen Utama Transmisi Otomatis
Transmisi otomatis dapat dikelompokkan menjadi 3 komponen:- Torque converter
- Planetary gear unit
- Hydraulic control unit
Transmisi otomatis yang ada yang memiliki e speed ada yang memiliki 4 speed (3 speed plus Over Drive). Pada tuas transmisi terdapat 6 posisi, yaitu P, R, N, D, 2 dan L. Untuk Over Drive (O/D) menggunakan switch yang ada pada tuas transmisi, sedangkan switch Power dan Normal (P/N) mode ditempatkan di console box
4. Posisi-posisi tuas transmisi
- Posisi P (Park).
Pada posisi ini kendaraan tidak dapat bergerak (roda tidak dapat diputar) tetapi mesin dapat dihidupkan. Posisi ini digunakan untuk kendaraan yang diparkir, atau pada kendaraan untuk keperluan mesin dihidupkan tetapi kendaraan tidak dijalankan. - Posisi N (Netral).
Pada posisi ini kendaraan tidak bergerak tetapi roda dapat diputar dan mesin dapat dihidupkan. Hanya posisi N dan P mesin dapat dihidupkan. Pada posisi netral biasanya digunakan untuk menghidupkan mesin sebelum kendaraan dijalanka atau ketika kendaraan berhenti sementara mesin hidup, seperti menunggu lampu hijau menyala di perempatan jalan. - Posisi R (Reverse).
Posisi ini digunakan untuk menggerakan kendaraan mundur. - Posisi D (Drive).
Posisi D, digunakan untuk menggerakkan kendaraan bergerak maju secara otomatis dan dapat mengatur posisi kerja dan gigi 1, 2 dan 3, atau sebaliknya, jika switch O/D diposisikan ON, transmisi secara otomais dapat mengatur kerja pada gigi 1, 2, 3 dan 4 atau sebaliknya. Posisi ini biasanya digunakan untuk jalan normal dan rata. - Posisi 2.
Posisi ini digunakan untuk menggerakan kendaraan bergerak maju, tetapi secara otomatis hanya dapat mengatur posisi kerja pada gigi 1 ke gigi 2 atau sebaliknya, biasanya digunakan untukjalanan nanjak atau turunan tajam. - Posisi L.
Posisi ini digunakan untuk menggerakan kendaraan bergerak maju tetapi hanya pada posisi gigi I saja, biasanya digunakan untuk jalanan yang sangat menanjak atau turunan yang sangat tajam yang tidak dapat dilakukan pada posisi gigi 2.
Demikianlah Artikel Belajar Otomotif Belajar Otomotif PENGERTIAN SISTEM TRANSMISI OTOMATIS, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id
Sekianlah artikel Belajar Otomotif Belajar Otomotif PENGERTIAN SISTEM TRANSMISI OTOMATIS, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Belajar Otomotif Belajar Otomotif PENGERTIAN SISTEM TRANSMISI OTOMATIS, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id dengan alamat link https://m-oto-mu.blogspot.com/2014/08/belajar-otomotif-belajar-otomotif_50.html
0 Response to " Belajar Otomotif Belajar Otomotif PENGERTIAN SISTEM TRANSMISI OTOMATIS, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id "
Post a Comment