Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) - Hallo sobat blogger yang berbahagia Otomotif, Posting yang saya unggah pada kali ini berisi tentang otomotif, dengan judul Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Otomotif, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
link : Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Baca juga


Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Fungsi poros engkol (crank shaft )

Fungsi poros engkol adalah mengubah gerak naik turun atau lurus piston menjadi gerak putar.  Poros engkol adalah salah satu komponen penting suatu mesin, selain merubah gerak bolak balik piston menjadi gerak putar, poros engkol juga menerima beban dan tekanan yang sangat tinggi dari hasil pembakaran oleh piston untuk itu poros engkol haruslah terbuat dari bahan yang sangat kuat dan tahan lama. Poros engkol atau crankshaft terbuat dari baja karbon tinggi. Poros engkol terletak diantara blok silinder dan bak oli yang terhubung langsung dengan roda gila dan batang torak. Putaran dari poros engkol diteruskan ke roda gila dan selanjutnya kopling yang akan memegang kendali, apakah putaran akan di sambungkan atau di putuskan ke transmisi.
poros engkol


Bentuk dan konstruksi poros engkol ditentukan oleh banyaknya silinder dan urutan pengapian atau firing order ( FO ) dan faktor yang harus diperhatikan adalah getaran akibat proses pembakaran di dalam silinder.

macam-macam poros engkolkomponen CrankShaft atau poros Engkol :

  • crank pin
  • crank journal
  • crank arm
  • crankshaft bearing / lager
  • balance weight
  • lubang oli
komponen poros engkol








Baca juga : konstruksi blok dan fungsinya

Artikel tentang poros engkol ini menurut saya belum lengkap di karenakan sangat susah untuk mencari referensi tentang poros engkol ini, jadi saya mohon maaf jika informasinya kurang lengkap.



Demikianlah Artikel Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Sekianlah artikel Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) dengan alamat link https://m-oto-mu.blogspot.com/2014/08/fungsi-dan-komponen-poros-engkol.html

1 Response to "Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) "