Judul : Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
link : Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
Konstruksi Blok Mesin atau Engine
Menurut saya engine / mesin adalah satu kesatuan komponen yang sudah terpasang secara baik dan benar dan menjadi satu kesatuan yang dapat menggerakan suatu kendaraan.
Sacar umum komponen utama engine ada tiga yaitu :
- Kepala silinder
- Blok
- Ruang carter / ruang oli
( pelengkap : gasket / paking
Kepala silinder
Kepala silinder adalah komponen utama mesin yang ditempatkan di atas mesinFungsinya :
- Penutup blok silinder
- Penempatan kelengkapan motor :
- Mekanisme Penggerak Katup
- Ruang Bakar
- Saluran Masuk dan Buang
- Saluran Pelumasan dan Pendinginan
- Busi
- Injector ( mesin diesel atau mesin EFI )
Blok Mesin
Blok adalah tempat untuk silinder, saluran pendingin mesin, dan piston. Blok juga merupakan tempat untuk piston melakukan langkah kerjanya yaitu- LANGKAH HISAP :
yaitu langkah dimana saat katup masuk terbuka dan piston bergerak ke bawah atau dari TMA ke TMB menghisap campuran udara dan bahan bakar dari karburator ( pada mesin bensin ), atau udara saja ( pada mesin diesel / mesin EFI ) - KOMPRESI
yaitu saat kedua katup tertutup dan piston bergerak ke atas atau dari TMB ke TMAmemampatkan campuran udara dan bahan bakar ( mesin bensin ), hanya udara ( mesin diesel / mesin EFI ) - USAHA
yaitu saat kedua katup masih tertutup, torak atau piston hampir sampai ke TMA busi memercikan bunga api ( mesin diesel : injektor mengkabutkan bahan bakar solar ) sehingga terjadi ledakan yang mengakibatkan piston terdorong ke TMB. - BUANG
yaitu saat katup terbuang piston kembali bergerak ke TMA mendorong gas sisa pembakaran ke katup buang.
TMB : Titik Mati Bawah
Ruang carter/ ruang oli
Sesuai namanya tentu saja adalah tempat untuk menampung oli mesin dan pompa oli mensirkulasi oli mesin. Selain itu, di ruang carter juga sebagai tempat crankshaft beroperasi.Gasket / paking berada di antara sambungan mesin yang berfungsi untuk mencegah kebocoran pada mesin.
Mobil tidak hanya terdiri dari mesin,mesin hanyalah sumber tenaga dari mobil, mobil tidak akan bisa berjalan tanpa komponen pendukung yang lain seperti komponen pemindah tenaga, sistem pengapian, sistem bahan bakar, sistem starter, dan masih banyak yang lain. Disini saya akan berusaha membahasnya satu persatu, dimulai dari mesin yang sudah di bahas di atas, selanjutnya adalah sistem pemindah tenaga >>>
Lihat juga :
Artikel konstruksi blok mesin dan fungsinya ini bersumber dari buku catatan, wikipedia.com, dan lain lain.
Demikianlah Artikel Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
Sekianlah artikel Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) dengan alamat link https://m-oto-mu.blogspot.com/2014/08/konstruksi-blok-mesin-dan-fungsinya-m.html
0 Response to "Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) "
Post a Comment