Mekanisme Penggerak Katup, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Mekanisme Penggerak Katup, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) - Hallo sobat blogger yang berbahagia Otomotif, Posting yang saya unggah pada kali ini berisi tentang otomotif, dengan judul Mekanisme Penggerak Katup, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Otomotif, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mekanisme Penggerak Katup, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
link : Mekanisme Penggerak Katup, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Baca juga


Mekanisme Penggerak Katup, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Mekanisme penggerak katup

Identifikasi
Mekanisme penggerak katup adalah seluruh komponen yang bekerja mengerakan katup membuka atau menutup .

Komponen tsb adalah :

  • Poros bubungan
  • Pengangkat ( lifter)
  • Pendorong ( push rod )
  • Lengan penekan ( rocker arm )
  • Pegas (spring )


Komponen tsb adalah yang sering digunakan pada mesin ohv (overhead valve ). Komponen penggerak katup juga dipengaruhi oleh tata letak katup pada engine, maka dikenal susunan katup dikepala dan katup di sisi ataupun penggabungan dari keduanya. Dari penempatan katup dan mekanisme penggeraknya dikenal dengan sebutan katup dikepala ohv ( overhead valve ) dan poros bubungan di kepala overhead camshaft ( ohc ).


Ohv ( overhead valve )

Ohv ( overhead valve )Proses mekanisme katupnya dimulai dari proses bubungan yang ditempatkan pada blok motor, kenudian bubungan/ cam menggerakan pengangkat/lifter, batang pendorong, lengan pendorong dan katup, serta pegas katup.

Cara kerja :
-. Apabila poros engkol berputar 2x maka poros bubungan bergerak 1x, kemudian lifter mengankat push rod, rocker arm terdorong menekan batang katup dan katup menjadi terbuka. Saat lifter sudah turun maka seluruh komponen tadi ikut turun dan katup kembali tertutup yang dibantu oleh pegas pengembali/ spring.
Jenis poros bubungan di kepala ( overhead camshaft )
Tipe ini poros bubungannya berada di atas kepala silinder dan langsung berhubungn dengan katup tanpa memerlukan pengankat dan lengan penekan.



Jenis poros bubungan di kepala ( overhead camshaft )Jenis poros bubungan di kepala ( overhead camshaft )

Tipe ini poros bubungannya berada di atas kepala silinder dan langsung berhubungn dengan katup tanpa memerlukan pengankat dan lengan penekan.










baca juga : komponen utama penyusun mobil

Artikel mekanisme penggerak katup ini bersumber dari buku catatanku dan berbagai sumber lainnya, tap mohon maaf jika kurang lengkap


Demikianlah Artikel Mekanisme Penggerak Katup, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Sekianlah artikel Mekanisme Penggerak Katup, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mekanisme Penggerak Katup, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) dengan alamat link https://m-oto-mu.blogspot.com/2014/08/mekanisme-penggerak-katup-m-oto-mu.html

0 Response to "Mekanisme Penggerak Katup, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) "

Post a Comment