Judul : PENGERTIAN BAK ENGKOL MESIN ( Crankcase ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
link : PENGERTIAN BAK ENGKOL MESIN ( Crankcase ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
PENGERTIAN BAK ENGKOL MESIN ( Crankcase ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
BACA:
Bak engkol mesin (crankcase)
Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam. Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, yaitu komponen:- Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor
- Pompa oli
- Kopling
- Poros engkol dan bantalan peluru
- Gigi persneling atau gigi transmisi
- Sebagai penampung oli pelumas
Bak engkol terletak di bawah silinder dan biasanya merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor.
Poros Engkol (crankshaft)
Fungsi poros engkol adalah mengubah gerakan piston menjadi gerakan putar (mesin) dan meneruskan gaya kopel (momen gaya) yang dihasilkan motor ke alat pemindah tenaga sampai ke roda.
Beban yang bekerja pada poros engkol adalah:
- Beban puntir (torsi)
- Beban lengkung (bengkok)
- Beban sentrifuga
Poros engkol umumnya ditahan dengan bantalan luncur yang ditetapkan pada ruang engkol. Bantalan poros engkol biasa disebut bantalan utama.
Jenis poros engkol yang dipergunakan pada mesin sepeda motor adalah:
- Jenis built up digunakan pada motor jenis kecil yang mempunyai jumlah silinder satu atau dua
- Jenis �one piece�, digunakan pada motor jenis besar yang mempunyai jumlah silinder banyak.
Untuk motor satu silinder pada poros engkolnya (biasanya dihadapan pena engkol) ditempatkan bobot kontra sebagai pengimbangan putaran engkol sewaktu piston mendapat tekanan kerja. Tetapi motor yang bersilinder banyak, pena engkolnya dipasang saling mengimbangi. Berat bobot kontra kira-kira sama dengan berat batang piston di tambah dengan berat engkol seluruhnya. Dengan demikian poros engkol itu dapat diseimbangkan, sehingga dapat berputar lebih rata dan getaran-getaran engkol menjadi hilang. Dengan adanya bobot kontra ini menyebabkan tekanan pada bantalan menjadi berkurang dan merata.
Poros engkol dan batang penggerak adalah untuk merobah gerak translasi piston menjadi gerak putar. Kedua bagian ini selalu menderita tegangan dan regangan yang sangat besar. Karena itu harus dibuat dari bahan yang khusus dan ukuran yang tepat. Dalam keadaan diam dan berputar poros engkol selalu setimbang (balance). Bagian permukaan bantalan dikeraskan dan harus licin untuk mengurangi keausan.
Poros engkol berputar dengan didukung oleh beberapa buah bantalan utama. Banyaknya bantalan tergantung dari jumlah silinder. Motor empat silinder mempunyai 3 bantalan dan motor enam silinder mempunyai 4 bantalan utama. Bantalan ini dibuat dari baja yang dicampur dengan babbit atau ada juga dengan aluminium.
Batang penggerak dan poros engkol dibuat dari besi tuang. Pemasangan batang penggerak pada poros engkol dilapisi dengan memakai bantalan.
Demikianlah Artikel PENGERTIAN BAK ENGKOL MESIN ( Crankcase ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
Sekianlah artikel PENGERTIAN BAK ENGKOL MESIN ( Crankcase ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel PENGERTIAN BAK ENGKOL MESIN ( Crankcase ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) dengan alamat link https://m-oto-mu.blogspot.com/2014/09/pengertian-bak-engkol-mesin-crankcase-m.html
0 Response to "PENGERTIAN BAK ENGKOL MESIN ( Crankcase ), m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) "
Post a Comment