Judul : Belajar Otomotif Belajar Otomotif Peralatan untuk Perawatan - Servis - Pemeliharaan Kendaraan, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id
link : Belajar Otomotif Belajar Otomotif Peralatan untuk Perawatan - Servis - Pemeliharaan Kendaraan, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id
Belajar Otomotif Belajar Otomotif Peralatan untuk Perawatan - Servis - Pemeliharaan Kendaraan, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id
Artikel ini masih berhubungan dengan konsep perawatan.
Alat Umum utk Servis
Penggunaan peralatan servis yang baik terletak pada pikiran orang. Dalam menggunakan peralatan, sebaiknya berpikir jernih dulu sebelum menggunakan peralatan.
Karena dengan cara menggunakan alat secara baik, kita akan menentukan masa hidup peralatan maupun komponen-komponen yang dikerjakan.
Berikut adalah alat-alat yang sering digunakan dalam perawatan kendaraan bermotor
- Obeng Rata (Obeng min)
- Obeng Plus (Obeng Philips)
- Obeng Ketok
- Kunci Sok
- Kunci Ring
Obeng Min
Gunakan hanya obeng yang pas pada kepala sekrup. Obeng yang tidak pas, terlalu kecil atau terlalu besar akan merusak komponen maupun obeng itu sendiri.
Obeng Plus
Pada saat mengendorkan/mengencangkan baut, obeng plus perlu ditekan dengan keras ke dalam kepala baut, supaya celah silang pada skrup tidak menjadi rusak.
Mata obeng plus yang aus tidak dapat digerinda lagi. Ganti dengan obeng yang baru
Obeng Ketok
Baut besar yang kencang sekali / macet dapat dilepas dengan mudah jika menggunakan obeng ketok. Caranya, pegang gagang obeng ketok dengan kuat, lalu pukulkan palu pada gagang dengan baik
Kunci Sok
kunci sok segi 6 merupakan alat yang paling disukai. Hal tersebut dikarenakan kepala baut / mur dapat dipegang secara optimal oleh bagian dalam kunci sok, sehingga kunci dapat memegang baut / mur dengan baik dan dapat melindungi kepala baut dari kerusakan.
Kunci momen digunakan untuk mengencangkan baut dengan momen pengerasan yang sesuai dengan spesifikasi pabrik.
Kunci Ring
Jika kunci sok tidak dapat digunakan, pilihan kedua adalah kunci ring yang rata, seperti terdapat pada kunci kombinasi.
Penggunaan kunci ring offset tidak menguntungkan karena cenderung meluncur keluar kepala baut. Kunci tersebut digunakan pada posisi mur / baut yang khusus.
Kunci ring yang bercelah juga disebut kunci nipel, karena hanya digunakan untuk melepas dan memasang nipel saluran (hidroulik rem dan kopling, system injeksi Diesel).
Kunci pas hanya dipakai, jika penggunaan kunci lain tidak memungkinkan, misalnya untuk menahan mur kontra atau untuk mempercepat pelepasan atau pengencangan baut / mur yang sudah kendor.
Kunci kuno yang disebut kunci Inggris ini harus dihindari penggunaannya, karena akan merusak baut / mur.
Demikianlah Artikel Belajar Otomotif Belajar Otomotif Peralatan untuk Perawatan - Servis - Pemeliharaan Kendaraan, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id
Sekianlah artikel Belajar Otomotif Belajar Otomotif Peralatan untuk Perawatan - Servis - Pemeliharaan Kendaraan, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Belajar Otomotif Belajar Otomotif Peralatan untuk Perawatan - Servis - Pemeliharaan Kendaraan, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id dengan alamat link https://m-oto-mu.blogspot.com/2016/03/belajar-otomotif-belajar-otomotif_0.html
0 Response to " Belajar Otomotif Belajar Otomotif Peralatan untuk Perawatan - Servis - Pemeliharaan Kendaraan, m-oto-mu.blotspot.co.id , m-oto-mu.blotspot.co.id "
Post a Comment