Judul : Cara Mudah Merawat Mur dan baut pada kendaraan, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
link : Cara Mudah Merawat Mur dan baut pada kendaraan, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
Cara Mudah Merawat Mur dan baut pada kendaraan, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
Cara Mudah Merawat Mur dan baut pada kendaraan
Jika kita berbicara tentang perawatan kendaraan, baik itu berupa motor maupun mobil, kita tidak bisa hanya cukup memperhatikan komponen yang besar-besar saja. Akan tetapi komponen penunjang yang ukurannya kecil-kecil pun perlu kita perhatikan termasuk mur dan baut. Hampir pada setiap kendaraan terdapat banyak komponen ini, akan tetapi sering kali dilupakan orang untuk perawatannya baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Para pemilik kendaraan rata-rata cenderung lebih fokus ke perawatan besar misalnya untuk interior ataupun eksterior kendaraan.
Padahal meskipun terlihat sederhana, komponen ini akan sangat berpengaruh terhadap perawatan bagian-bagian lain kendaraan lainnya. Mur dan baut yang baik akan memudahkan kita dalam rangka melakukan pembongkaran atau perbaikan sebuah komponen mobil. Jika sulit dibuka, yang sering terjadi jika dipaksakan adalah akan merusak kepala komponen ini dan akhirnya akan merembet ke bagian ulir. Jika ini terjadi maka komponen mobil yang besar tersebut jadi ikut rusak, karena bagian baut atau murnya tidak berfungsi.
Cara perawatan terbaik yang terkesan sederhana adalah dengan cara memilih ukuran obeng dan kunci pas yang sesuai dengan ukuran. Jangan memaksakan membuka dengan menggunakan ukuran yang tidak sesuai. Misalnya baut berkepala + (positif), harus dibuka pula dengan obeng berkepala positif. Demikian pula dengan baut berkepala - (negatif), harus dibuka dengan obeng negatif pula. Sesuaikan ukuran obeng dengan ukuran baut yang akan dibuka atau dipasang.
Tujuan pemilihan obeng yang benar itu adalah agar kepala baut tidak sobek sehingga tidak akan sulit untuk dibuka atau dipasang kembali. Kualitas bahan yang baik dari kunci pas untuk membuka mur wajib juga diperhatikan. Posisi kunci pas dengan kualitas unggul akan relatif lebih tepat mencengkeram kepala mur sehingga akan lebih aman dan terhindar terhadap kerusakan kepala mur. Jadi pertimbangkan juga kualitas kunci pas, bukan hanya ukuran saja.
Jika mur atau baut sulit dibuka, sebaiknya semprotkan bahan cairan pelumas kemudian ketuk secara berlahan, agar cairan pelumas tersebut masuk ke dalam uliran baut. Baru setelah itu baut atau mur dibuka dengan merasakan gerakan perputaran mur dan baut dalam uliran.
Untuk memudahkan membuka mur atau baut di kemudian hari pada saat membutuhkannya, pada saat memasang sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan cairan khusus yang banyak tersedia di pasaran, untuk membersihkan karat dan kotoran yang terdapat di bagian ulir. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan cara merendamnya di cairan bensin dan minyak tanah sambil disikat untuk memastikan kebersihannya. Jangan lupa untuk membersihkan lubang mur dan baut dengan menggunakan air compressor atau blower dengan ditetesi dengan sedikit minyak pelumas.
Lakukan perawatan tersebut diatas secara rutin setidaknya setahun sekali. Kecuali pada bagian-bagian penting yang anda sendiri mungkin tidak menguasainya, misalnya pada bagian mesin kendaraan. Sedangkan untuk bagian detail lain yang membutuhkan keahlian, tidak ada salahnya anda menyerahkannya kepada teknisi atau ahlinya.
Demikianlah Artikel Cara Mudah Merawat Mur dan baut pada kendaraan, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
Sekianlah artikel Cara Mudah Merawat Mur dan baut pada kendaraan, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah Merawat Mur dan baut pada kendaraan, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) dengan alamat link https://m-oto-mu.blogspot.com/2016/06/cara-mudah-merawat-mur-dan-baut-pada.html
0 Response to "Cara Mudah Merawat Mur dan baut pada kendaraan, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) "
Post a Comment