BAGAIMAN CARA KERJA MESIN DUA LANGKAH dan EMPAT LANGKAH, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

BAGAIMAN CARA KERJA MESIN DUA LANGKAH dan EMPAT LANGKAH, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) - Hallo sobat blogger yang berbahagia Otomotif, Posting yang saya unggah pada kali ini berisi tentang otomotif, dengan judul BAGAIMAN CARA KERJA MESIN DUA LANGKAH dan EMPAT LANGKAH, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sepeda Motor, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : BAGAIMAN CARA KERJA MESIN DUA LANGKAH dan EMPAT LANGKAH, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )
link : BAGAIMAN CARA KERJA MESIN DUA LANGKAH dan EMPAT LANGKAH, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Baca juga


BAGAIMAN CARA KERJA MESIN DUA LANGKAH dan EMPAT LANGKAH, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Cara Kerja Mesin Dua Langkah 

     Mesin dua langkah hanya memerlukan satu kali putaran poros engkol untuk menyelesaikan satu siklus di dalam silinder. Usaha (langkah tenaga) dihasilkan pada setiap putaran poros engkol.

       Pada mesin dua langkah campuran udara-bahan bakar dikompresi dua kali setiap putaran. Kompresi pertama (kompresi pendahuluan di dalam crankcase). Campuran ditarik kedalam crankcase  dan dikompresi, selanjutnya masuk ke dalam ruang pembakaran. 
       Kompresi kedua (kompresi di dalam silinder dan ruang pembakaran). Campuran yang dikompresi sangat mudah dinyalakan dan terbakar sehingga menghasilkan tekanan yang tinggi. Campuran yang dikompresikan di dalam crankcase mengalir ke dalam silinder melalui lubang transfer mendorong sisa-sisa gas pembakaran keluar dari silinder dan ini disebut sebagai langkah transfer. 

  1. Titik mati atas (TMA) adalah tempat berhentinya piston bergerak pada bagian atas silinder. 
  2. Titik mati bawah (TMB) adalah tempat berhentinya gerak piston di bagian bawah silinder. 
  3. Pada � putaran poros engkol pertama (1800) dari TMB ke TMB
     - Di bawah piston : Langkah isap atau pengisian ruang engkol
     - Di atas piston : Langkah kompresi 
  4. Pada � putaran poros engkol berikutnya (3600) dari TMA ke TMB
     - Di atas piston : Langkah usaha dan langkah buang
     - Di bawah piston : Pembilasan
     - Prinsip pembilasan dinamakan dengan pembilasan berputar yaitu: lubang transfer berada di kanan dan di kiri saluran knalpot. Udara segar masuk bersamaan melalui kedua lubang tersebut  yang berada berlawanan didinding cylinder dan membelok keatas. Kemudian aliran berputar kebawah ke lubang pengeluaran mendorong gas sisa pembakaran keluar dari cylinder. 

Keuntungan Dan Kerugian Mesin Dua Langkah 

a. Keuntungan Mesin Dua Langkah :

  • Proses pembakaran terjadi setiap putaran poros engkol, sehingga putaran poros engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata.
  • Tidak memerlukan klep, komponen part lebih sedikit, perawatan lebih mudah dan relatif murah 
  • Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus
  • Bila dibandingkan dengan mesin empat langkah dalam kapasitas yang sama, tenaga yang dihasilkan lebih besar
  • Proses pembakaran terjadi 2 kali, sehingga tenaga lebih besar  

b. Kerugian Mesin Dua Lngkah :

  • Langkah masuk dan buang lebih pendek, sehingga terjadi kerugian langkah tekanan kembali gas buang lebih tinggi 
  • Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston dan lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus.
  • Karena lubang buang terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas
  • Putaran rendah sulit diperoleh 
  • Konsumsi pelumas lebih banyak

Sepeda motor yang menggunakan mesin dua langkah : 

  • Yamaha
  • Yamaha RX King
  • Yamaha RX S
  • Yamaha Alfa
  • Suzuki Tornado GS
  • Vespa Super 
  • Vespa PX
  • Suzuki Tornado GX 

Ciri-ciri umum sepeda motor mesin dua langkah: 

  • Sistem pelumasannya dicampurkan kedalam bensin maka gas buang mesin dua langkah bewarna putih
  • Suara mesin lebih halus karena setiap dua langkah terjadi satu kali pembakaran bensin - Pemakaian bahan bakar lebih boros
  • Menggunakan dua fungsi pelumasan yaitu untuk melumasi ruang engkol, piston, dan dinding silinder serta untuk melumasi transmisi.
  • Memiliki dua buah ring piston, yaitu ring kompresi pertama dan ring kompresi kedua.

           Gerak keatas dan kebawah dari piston akan membuka dan menutup lubang pemasukan, pembuangan dan lubang transfer yang berada pada silinder, peristiwa ini diselesaikan diruang pembakaran (diatas piston) dan didalam crankcase (dibawah piston). Terbuka dan tertutupnya lubang tersebut ditentukan oleh posisi dan ukuran lubang itu. Peristiwa terbuka dan tertutupnya lubang-lubang itu diistilahkan dengan port timing�. 


Cara Kerja Mesin Empat Langkah  

         Mesin empat langkah memerlukan 2 putaran poros engkol (4 gerakan piston) untuk menyelesaikan 1 siklus di dalam silinder.  

Beberapa contoh sepeda motor yang menggunakan mesin empat langkah sebagai berikut:  
  • Suzuki Shogun    
  • Honda CG    
  • Honda GL    
  • Honda GL Max    
  • Yamaha Vega 
  • Suzuki Thunder    
  • Honda Supra XX
  • Honda Nova Sonic125 RX
  • Honda New Sonic
  • Honda Legenda 
  • Honda GL Pro 
  • Honda Tiger 2000
  • Honda Supra X  

Ciri-ciri umum sepeda motor mesin empat langkah:

  •  Gas buang tidak berwarna (kecuali ada kerusakan)
  • Bahan bakar lebih irit 
  • Menggunakan satu minyak pelumas untuk melumasi ruang engkol, piston, dinding silinder dan transmisi 

Keuntungan Dan Kerugian Mesin empat langkah 

a. Keuntungan mesin empat langkah:

  • Karena proses pemasukan, kompresi, kerja, dan buang prosesnya berdiri sendiri-sendiri sehingga lebih presisi, efisien dan stabil, jarak putaran dari rendah ke tinggi lebih lebar (500- 10000 rpm).
  • Kerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dua langkah sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat. 
  • Putaran rendah lebih baik dan panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi oli 
  • Langkah pemasukan dan buang lebih panjang sehingga efisiensi pemasukan dan tekanan efektive rata-rata lebih baik
  • Panas mesin lebih rendah dibanding mesin dua langkah

b. Kerugian mesin empat langkah: 

  • Komponen dan mekanisme gerak klep lebih banyak, sehingga perawatan lebih sulit 
  • Suara mekanis lebih gaduh
  • Langkah kerja terjadi dengan 2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan putar tidak stabil, perlu jumlah silinder lebih dari satu dan sebagai peredam getaran.

Artikle sebelumnya:

Artikel Selanjutnya:
  •  PROSES TERJADINYA PEMBAKARAN
























Demikianlah Artikel BAGAIMAN CARA KERJA MESIN DUA LANGKAH dan EMPAT LANGKAH, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu )

Sekianlah artikel BAGAIMAN CARA KERJA MESIN DUA LANGKAH dan EMPAT LANGKAH, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel BAGAIMAN CARA KERJA MESIN DUA LANGKAH dan EMPAT LANGKAH, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) dengan alamat link https://m-oto-mu.blogspot.com/2014/09/bagaiman-cara-kerja-mesin-dua-langkah.html

0 Response to "BAGAIMAN CARA KERJA MESIN DUA LANGKAH dan EMPAT LANGKAH, m-oto-mu ( Majalah Otomotifmu ) "

Post a Comment